Senin, 02 Januari 2023

Tips dan Trik untuk Mengatur Ponsel Baru Android

Tips&Trik, Kami memandu Anda langkah demi langkah melalui cara menyiapkan dan mengaktifkan ponsel atau tablet Android.

Jika Anda memiliki smartphone atau tablet Android baru dan ingin terus mengunduh aplikasi dan melakukan panggilan, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Jika proses penyiapan tampak sedikit menakutkan, jangan khawatir karena kami akan memandu Anda melalui setiap langkah, menjelaskan apa yang harus dilakukan.

Sebagian besar ponsel dan tablet Android akan memandu Anda langkah demi langkah melalui proses penyiapan. Pengalamannya mungkin sedikit berbeda, bergantung pada merek perangkat Anda dan versi Android yang dijalankannya. Semuanya sangat mirip, tetapi di sini kami menggunakan Android di ponsel Google Pixel.

1. Memilih Bahasa

Pertama-tama telepon Anda meminta Anda untuk memilih bahasa. Ini akan ditampilkan selama proses penyiapan dan semua menu ponsel, jadi pilihlah yang tepat!

Di sini Anda juga dapat memilih mode penglihatan dan suara jika Anda memerlukan fitur aksesibilitas untuk diaktifkan sekarang dan selama Anda menggunakan telepon. Sekarang ketuk 'Mulai' untuk membuka layar berikutnya.

2. Masukkan Kartu SIM Anda

Di sini Anda diminta untuk terhubung ke jaringan seluler. Anda dapat melakukan ini dengan memasukkan kartu SIM ke telepon Anda.

Di kemasannya kemungkinan besar ada alat ejector untuk dimasukkan ke dalam lubang slot SIM untuk mengeluarkan tray. Sebagian besar ponsel cerdas modern menggunakan kartu SIM nano, ukuran sekecil mungkin.

Masukkan kartu SIM yang baru saja Anda miliki atau yang ada di ponsel lama Anda. Jika perangkat Anda tidak dikunci untuk digunakan di jaringan apa pun, atau dikunci ke jaringan kartu SIM tersebut, ponsel akan mengenali kartu SIM tersebut, memberi Anda akses ke paket seluler Anda.

Beberapa telepon memungkinkan Anda memilih untuk mengunduh eSIM. Ini adalah SIM elektronik yang disimpan di ponsel tanpa memerlukan kartu SIM fisik. Tidak semua telepon akan memberi Anda opsi ini.

Jika Anda tidak memiliki kartu SIM atau tidak menginginkan eSIM, Anda dapat mengetuk 'Lewati' untuk mengatur ponsel tanpa koneksi jaringan seluler hanya menggunakan Wi-Fi.

3. Sambungkan ke Wifi

Anda dapat terhubung ke Wi-Fi sekarang, baik Anda menambahkan kartu SIM ke ponsel atau tidak. Ketuk jaringan Wi-Fi yang ingin Anda sambungkan, lalu masukkan kata sandi jaringan. Jika Anda tidak mengetahuinya, biasanya dapat ditemukan di bagian belakang router Wi-Fi.

Ponsel Anda kemudian akan terhubung ke Wi-Fi dan melanjutkan penyiapan Anda dapat memilih untuk 'Menyiapkan luring' jika diinginkan, tetapi Anda tidak akan dapat masuk ke akun Google tanpa data seluler dan koneksi Wi-Fi. Ini diperlukan untuk mengunduh aplikasi dan menggunakan ponsel secara online.

4. Salin Data dari Ponsel Lama

Selanjutnya ponsel akan memberi Anda opsi untuk menyalin aplikasi dan data dari ponsel lama Anda. Ini termasuk akun Google Anda, dan juga data seperti pesan teks, foto, video, aplikasi, dan pengaturan.

Anda dapat memilih 'Jangan salin' di sini jika Anda ingin menyetel telepon sebagai baru tanpa data lama, atau 'Tidak dapat menggunakan perangkat lama?' jika Anda tidak memiliki akses ke ponsel lama Anda. Jika Anda ingin menyalin data, ketuk 'Berikutnya'.

Anda kemudian dapat menggunakan perangkat lama Anda untuk menyalin data. Pertama, telepon akan menyarankan Anda memerlukan kabel yang benar untuk melakukan ini.

Jika Anda memiliki kabel dengan dua koneksi port yang benar, Anda dapat mengetuk 'Selanjutnya' dan mengikuti petunjuk di layar.

Jika Anda tidak memiliki kabel yang benar, Anda masih dapat menyalin data Anda, tetapi akan memakan waktu lebih lama. Ketuk, 'Tidak ada kabel?' atau 'Salin tanpa kabel'.

Pengaturan akan memberi Anda opsi yang berbeda tergantung pada mana yang Anda pilih. Anda juga dapat menyalin data dari ponsel Android lama atau iPhone.

Tahap ini bisa memakan waktu beberapa menit, tergantung seberapa banyak data yang ingin dipindahkan. Sabar!

5. Tambahkan akun Google

Apa pun opsi yang Anda pilih dari langkah terakhir, pada tahap tertentu, ponsel akan meminta Anda untuk masuk ke akun Google Anda. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat membuatnya di sini. Ini akan memberi Anda alamat email Gmail yang diperlukan untuk menggunakan ponsel Android.

Anda kemudian dapat memilih apa yang ingin Anda salin dari telepon lama Anda. Anda dapat memilih sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan.

6. Terima pengaturan Google

Setelah Anda menyalin seluruh data dari ponsel lain atau melewati langkah tersebut, akun Google Anda akan ditambahkan ke ponsel

Di sini penyiapan akan menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan hal-hal seperti layanan lokasi, pemindaian aplikasi, dan apakah akan mengirimkan data penggunaan dan diagnostik ke Google.

Anda harus memilih ya untuk pemindaian lokasi dan aplikasi jika Anda ingin semua layanan berfungsi dengan baik di ponsel Anda. Di Android modern, nanti Anda dapat menghentikan aplikasi tertentu mengakses lokasi Anda jika Anda tidak menginginkannya. Pikirkan langkah ini sebagai saklar 'aktif' utama – Anda harus mengatakan ya jika Anda ingin aplikasi yang biasa digunakan seperti Google Maps berfungsi.

Ketuk 'Terima' saat Anda memilih apa yang Anda inginkan.

7. Terima atau tolak cadangan Google One

Dengan akun Google, di sini Anda dapat mengaktifkan pencadangan seluruh perangkat dengan layanan Google One. Ini adalah layanan yang terpasang di akun Google gratis Anda yang mencadangkan data dan pengaturan ponsel Anda ke server cloud Google.

Jika Anda kehilangan ponsel, Anda dapat menggunakan cadangan cloud ini untuk memulihkan data dan pengaturan ke ponsel baru. Anda mendapatkan beberapa gigabyte (GB) gratis, tetapi pada akhirnya Anda harus membayar sedikit biaya bulanan untuk Google One jika menginginkan lebih banyak penyimpanan. Ini panduan Google One kami .

Ketuk 'Jangan sekarang' atau 'Aktifkan' untuk melanjutkan

8. Tetapkan kode PIN

Anda sekarang dapat mengatur kode PIN. Ini disarankan karena menghentikan siapa pun untuk membuka kunci ponsel Anda jika Anda kehilangannya.

Secara default Android akan meminta Anda untuk mengatur nomor PIN minimal 4 digit. Namun, semakin lama angka yang Anda pilih, semakin baik.

Jika Anda mengetuk 'Opsi kunci layar', Anda dapat memilih untuk mengatur pola atau kata sandi.

Masukkan pilihan Anda dua kali sesuai petunjuk di layar untuk melanjutkan.

9. Siapkan sidik jari

Beberapa ponsel memiliki sensor sidik jari bawaan yang memungkinkan Anda membuka kunci ponsel dengan ibu jari atau sidik jari, serta mengotorisasi hal-hal seperti pembayaran dalam aplikasi.

Ikuti petunjuk di layar untuk menyiapkan sidik jari Anda.

10. Lanjutkan penyiapan atau tinggalkan untuk nanti

Banyak ponsel Android pada tahap ini akan menanyakan apakah Anda ingin melanjutkan penyiapan. Ini akan mencakup hal-hal seperti menyiapkan Google Wallet untuk pembayaran kartu debit dan kredit, memilih ukuran teks ponsel, dan hal lainnya.

Anda dapat mengetuk 'Lanjutkan' atau 'Keluar dan dapatkan pengingat'. Yang terakhir akan memastikan Anda mendapatkan notifikasi nanti untuk melakukan langkah ini.

11. Tutorial gerakan

Sekarang Anda hampir sampai. Android modern dinavigasi dengan gerakan, dan ponsel Anda mungkin menunjukkan cara melakukannya di sini.

Sebagian besar akan meminta Anda untuk menggesek ke atas dari bagian bawah layar untuk pulang, menggesek dan menahan untuk masuk ke pemilih aplikasi, dan menggesek dari kedua sisi untuk kembali. Mungkin ada tutorial bagi Anda untuk membiasakan diri dengan ini pada saat ini.

12. Kamu selesai!

Kamu selesai! Nikmati ponsel Android baru Anda.

Kami memiliki banyak sekali panduan cara kerja Android berguna lainnya di Tech Advisor untuk membantu Anda memahami ponsel baru Anda seperti daftar aplikasi Android penting kami dan game Android terbaik untuk ponsel atau tablet baru.

Anda mungkin juga menemukan panduan seperti cara memulihkan pesan WhatsApp di ponsel baru yang berguna saat Anda menyiapkan ponsel baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar serta pendapat anda, agar saya bisa memberikan hal-hal yang lebih baik. Jika ada link download yang bermasalah segera laporkan dibawah postingan agar admin segera melakukan perbaikan link tersebut.


Terima Kasih
telah berkunjung ke Blog saya.
Admin www.berbagipengetahuan.co.vu