Selasa, 31 Oktober 2023

Tips dan Trik untuk Mengatasi Laptop Lambat Saat Dinyalakan

 

SITUSARTIKEL92.MY.ID. Masalah umum yang dihadapi pengguna laptop adalah lambatnya booting laptop saat pertama kali dijalankan. Biasanya ini terjadi pada laptop lama. 

Laptop yang lambat saat pertama kali dinyalakan pasti akan mengganggu aktivitas Anda, apalagi bagi Anda yang sehari-hari menggunakan perangkat elektronik tersebut. 

Namun perlu diketahui bahwa kecepatan booting laptop yang lambat bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Faktor dari dalam laptop sendiri atau dari luar laptop misalnya virus, malware, dan sebagainya. 

Banyak dari Anda akan merasa kesal bercampur emosi, hal itu wajar karena hampir setiap hari Anda menggunakan perangkat tersebut selain dari Smartphone Anda. 

Sebelum Anda mengambil langkah yang lebih jauh terhadap laptop Anda, baiknya Anda simak pemaparan dalam artikel ini. Sesuai dengan judul artikel diatas, ada satu tips yang selalu Admin gunakan jika mendapatkan permasalahan seperti judul artikel ini.

Berikut langkah-langkah Cara Mengatasi Laptop Lambat Saat Dinyalakan.

  • Aktifkan kotak dialog ( Run ) melalui keyboard caranya tekan dan tahan tombol (simbol Windows) + tombol (R).
  • Setelah kotak dialog (Run) muncul, kemudian ketikkan kata (msconfig) lalu klik (OK).
  • Kotak dialog "System Configuration" terdapat (5) menu yaitu General, Boot, Services, Startup dan Tools. Silahkan pilih menu "Boot" lalu pilih "OK".
  • Setelah memilih menu "Boot", Anda pilih tombol "Advanced Options" yang tepat berada di atas kata "Boot Options".
  • Pada kotak dialog "BOOT Advenced Options", silahkan dicentang kotak "Number of Processors"  dan pilih nomor yang ada pada kolom dropdown tersebut. Semakin tinggi nomor yang di pilih maka kecepatan boot laptop semakin cepat.
  • Jika semua langkah-langkah diatas telah di lakukan maka langkah terakhir adalah menekan tombol "OK" kemudian restart laptop Anda dan lihat hasilnya.

Cara ini adalah salah satu solusi bagi laptop jika melakukan booting sangat lama. Berbeda jika laptop sering delay/lag, hal seperti ini biasa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya :

  1. Infeksi virus
  2. RAM tidak memadai untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan
  3. Kebersihan laptop (kebersihan sistem dari sampah-sampah aplikasi)
  4. Defrag harddisk secara berkala
  5. Overheat pada laptop dapat mempengaruhi kinerjanya.
  6. dst...

Beberapa hal di atas ini yang sering sekali di lupakan oleh para pengguna laptop. Mengapa ? beberapa jawaban yang bisa admin berikan. Ingat jawaban ini hanyalah pengalaman Admin bukan jawaban yang harus di acungkan jempol yah.

  • Kurang mengetahui terkait barang elektronik seperti Laptop.
  • Kurang melakukan hal-hal baru pada sistem operasi laptop.

Terima kasih atas semua yang sempat hadir membaca, mengunjungi blog ini semoga apa yang admin berikan dapat bermanfaat bagi siapa pun yang memerlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar serta pendapat anda, agar saya bisa memberikan hal-hal yang lebih baik. Jika ada link download yang bermasalah segera laporkan dibawah postingan agar admin segera melakukan perbaikan link tersebut.


Terima Kasih
telah berkunjung ke Blog saya.
Admin www.berbagipengetahuan.co.vu