Senin, 22 Agustus 2022

Cara Melakukan Pencarian NISN Siswa, Verval Lulusan dan Verval Lulusan Sekolah Luar Negeri

SitusArtikel92.com. Pengertian NISN adalah kode atau ID pengenal siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku selamanya yang bisa membedakan antara satu siswa dengan siswa yang lain di semua Sekolah yang ada di Indonesia dan Sekolah Indonesia yang ada di Luar Negeri. NISN diberikan pada setiap siswa yang telah bersekolah pada satuan pendidikan yang mempunyai NPSN serta terdaftar pada Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN dilakukan secara nasional oleh Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi yang dilakukan oleh PDSPK akan ditampilkan secara terbuka dengan batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id.).

Tujuan Website http://nisn.data.kemdikbud.go.id adalah untuk mengidentifikasi semua siswa pada semua sekolah di seluruh Indonesia secara terstandar, konsisten dan berkelanjutan.

Manfaat Website http://nisn.data.kemdikbud.go.id Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Berikut adalah cara melakukan pencarian NISN. Mulai dari pencarian NISN, verval lulusan dan verval lulusan Sekolah Luar Negeri

Pencarian NISN

Pada bagian ini pencarian terbagi menjadi dua. Pertama adalah pencarian berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional sedangkan Kedua adalah pencarian berdasarkan Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung. Perhatikan gambar di bawah ini berdasarkan pencarian NISN dan Nama.



Silahkan isi sesuai dengan permintaan yang terdapat pada setiap kolom kemudian ceklis pada kata "Saya bukan robot" selanjutnya klik cari data, tunggu sampai prosesnya berhasil.

Verval Lulusan

Verval lulusan adalah sebuah website yang bisa digunakan untuk melakukan verifikasi dan validasi siswa yang telah lulus. Jika anda ingin mengeceknya silahkan klik disini. Jika anda sudah masuk maka terdapat beberapa permintaan data seperti gambar di bawah : 

Jika sudah semua terisi dengan benar maka klik ajukan. 

Verval Lulusan Sekolah Luar Negeri


Untuk verval lulusan dan verval lulusan luar negeri Format sama dan tidak ada berubah untuk permintaan. Jika sudah terisi semua lakukan ajukan.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar serta pendapat anda, agar saya bisa memberikan hal-hal yang lebih baik. Jika ada link download yang bermasalah segera laporkan dibawah postingan agar admin segera melakukan perbaikan link tersebut.


Terima Kasih
telah berkunjung ke Blog saya.
Admin www.berbagipengetahuan.co.vu